Menggunakan meter listrik prabayar

Menggunakan Meter Listrik Prabayar

Menggunakan Meter Listrik Prabayar

Menggunakan Meter Listrik Prabayar

Menggunakan meter listrik prabayar untuk saat ini adalah sebuah solusi yang tepat untuk mengontrol pemakaian listrik rumah Anda. Dengan meter listrik prabayar yang hitungan harga per Kwh meternya seperti hitungan pulsa pada handphone. Dimana pulsa sendiri adalah satuan acuan penggunaan tenaga / jasa, misal Rp 2400 rupaiah per pulsa/kwh meter. Atau pulsa 1.000 per menit bicara.

Menggunakan meter listrik prabayar
Image by PLN

Menggunakan meter listrik prabayar mempunyai kentungan tersendiri anatar lain adalah :

Pertama

Tidak ada beban Meter listrik bulanan ataupun minimal pemakaian. Jika pada meter listrik pascabayar misalnya untuk pelanggan rumah tangga daya 900 VA dikenakan beban Rp 18.000/bulan ditambah PPj. Sedangkan pada Meter listrik prabayar beban ini tidak ada. Pada Meter listrik rumah tangga dengan daya 1300 VA ke atas minimal pemakaian adalah 40 jam. Kalau tidak dipakai berarti harus bayar 40 jam atau 55 jam. Kalau pada Meteran listrik prabayar semua ini tidak ada, jadi Kalau tidak dipakai meter listrik prabayar bebas biaya.

Kedua

kWh pada meter listrik prabayar adalah sistem digital sedangkan pada meter listrik pascabayar masih analog. Yang namanya digital tentu lebih akurat dibandingkan sistem analog.

Ketiga

Privasi terjamin sebab tidak akan pernah dikunjungi pencatat meter sedangkan pada meter Pascabayar setiap bulan dikunjungi pencatat meter.

Keempat

Pemakaian lebih terkontrol dibandingkan meter Pascabayar dimana dengan menggunakan meter Prabayar kita diarahkan untuk hemat listrik. Jika pada meter Pascabayar kita menggunakan energi listrik dengan boros. Misalnya Televisi walaupun tidak ada yang menonton, televisi tetap dihidupkan. Kalau pada meter Prabayar kita tentu akan mengontrol pemakaian, agar pulsa tidak habis. Apalagi kalau pulsa strom pada meter listrik prabayar kita tersisa sedikit maka kita tentunya akan mengontrol pemakaian misalnya mengurangi lampu yang menyala saat tidur, mengurangi pemakaian televisi dan lain sebagainya.

Kelima

Efisien dan hemat waktu. Maksudnya adalah jika pada meter listrik pascabayar kita diharuskan sebelum tanggal 20 harus bayar tagihan listrik walaupun tidak dipakai, kalau pada meteran listrik prabayar tentu kita tidak akan seperti itu apalagi pemakaian listrik bulanan kita hanya sedikit. Misalnya kita hanya memakai lampu dan tidak memiliki alat elektronik lainnya, jika menggunakan meter listrik prabayar 900 VA mungkin tagihan kita tidak sampai Rp 30.000 (termasuk beban dan PPj), coba kita bayangkan setiap bulan kita ke loket pembayaran di loket online ppob online bank, lebih-lebih kalau tempatnya jauh mungkin ongkos jalan lebih banyak dari pada tagihan listrik kita. Nah, kalau kita pakai meter listrik prabayar, kita membeli pulsa nominal Rp 100.000 mungkin 6 bulan lagi barus kita mengisi pulsa.