Deposit Otomatis VS Manual Di Sebuah CA PPOB

Deposit Otomatis VS Manual

Bakoel Ppob, Bukopin Ppob, Cara Cek Tagihan Listrik, Cek Pembayaran Listrik, Cek Tagihan Pln Online, Cek Tagihan Rekening Listrik, Listrik Online, Login Bukopin, Loket Bukopin, Loket Online, Loket Ppob Bukopin, Payment Bukopin, Payment Point Online Bank, Payment Point Online Bukopin, Pembayaran Listrik, Pembayaran Rekening Listrik, Pln Online Cek Tagihan Listrik, Ppob Bukopin Login, Ppob Bukopin, Report Ppob Bukopin , Tagihan Listrik Bulanan, Tagihan Listrik Online, Tagihan Rekening Listrik

Kali ini penulis akan menjelaskan keunggulan deposit manual dengan deposit otomatis. Secara keseluruhan deposit otomatis lebih cepat dan akurat, karena menggunakan software untuk memproses semua transaksi uang masuk dari loket (deposit) ke rekening Collecting Agent (CA) PPOB.

Deposit otomatis bisa dijadikan tolak ukur sebuah CA PPOB, apabila memakai deposit otomatis, bisa dipastikan CA PPOB tersebut memiliki ribuan mutasi dalam sehari, apalagi di tanggal2 deadline pembayaran PPOB, misal tanggal 20 dan akhir bulan.

Deposit manual memiliki kelemahan di human errornya, kesalahan tersebut akan berakibat fatal, coba saja bayangkan apabila Bagian Keuangan kelebihan memasukkan nominal angka nol (0) satu saja, maka masalah akan menjadi lebih besar, apalagi jika loket yang menerima kelebihan dana sudah memakai saldo / deposit tersebut untuk transaksi, bisa jadi loket nya tidak mau mengembalikan uang tersebut dan langsung melarikan diri.

Tetapi mengapa kadang kadang deposit otomatis lama masuknya, kan seharusnya cepat karena sudah otomatis? Ok akan saya coba jelaskan sebagai berikut ini :

  1. Loket mengirimkan format deposit ke sms center.
  2. Server CA PPOB akan membalas dengan nilai deposit yang akan diproses, nilai deposit ini unik, tidak akan pernah ada yang sama antar loket di hari yang sama.
  3. Loket mengirim atau mentransfer uang yang diminta ke bank yang ditunjuk oleh CA PPOB tersebut.
  4. Server akan membuka aplikasi bank, login dan memeriksa uang masuk sesuai kode deposit unik tersebut.
  5. Apabila uang yang dimaksud ada, maka server akan langsung memasukkan saldo ke loket.
  6. Dari proses deposit otomatis selesai.
  7. Tapi proses bisa lebih lama apabila pada proses nomer 4, pada waktu server membuka aplikasi ibanking.
  8. Rata2 aplikasi ibanking apabila sudah logout akan membutuhkan waktu 5-10 menit untuk bisa login kembali.
  9. Nah apabila aplikasi server sudah logout maka akan membutuhkan waktu untuk login kembali.
  10. Pada proses inilah deposit otomatis terkadang lama masuknya.

Demikian info semoga berguna.

Comments are closed